Jumat, 25 Juli 2014

Pengertian Kurs

Pernahkah anda melihat berita di televisi mengenai "Kurs Rupiah Turun" ? Apakah yang dimaksud dengan kurs tersebut ?

Kurs, menurut Paul R Krugman dan Maurice (1994:73) adalah harga sebuah mata uang dari suatu negara yang diukur atau dinyatakan dalam mata uang lainnya.

Kurs, menurut Nopirin (1996:163) adalah pertukaran antara dua mata uang yang berbeda, maka akan mendapat perbandingan nilai/harga antara kedua mata uang tersebut.

Kurs, menurut Salvator (1997:10) adalah harga suatu mata uang terhadap mata uang lainnya.

Sudah dapat kita ketahui bahwa kurs merupakan perbandingan antara mata uang yang satu dengan mata uang lainnya. Misalkan saat ini nilai kurs Rupiah terhadap Dollar Amerika (25 Juli 2014) adalah Rp 11.578 per 1 Dollar Amerika, makin lemah juga ya nilai rupiah -_-".

Macam - macam Kurs
Valuta  asing  atau  mata  uang  asing  adalah  alat  pembayaran  luar  negeri. Jika kita mengimpor mobil dari Jepang, kita dapat membayarnya dengan yen. Yen bagi kita merupakan valuta asing. Apabila kita membutuhkan valuta asing, kita  harus  menukarkan  rupiah  dengan  uang  asing  yang  kita  butuhkan. Perbandingan nilai mata uang asing dengan mata uang dalam negeri (rupiah) disebut  kurs.  Adapun  macam-macam kurs  yang  sering  kamu  temui  di  bank atau  tempat  penukaran  uang  asing  (money  changer),  di  antaranya  sebagai berikut:

a.       Kurs  beli,  yaitu  kurs  yang  digunakan  apabila  bank atau  money  changer membeli valuta asing atau apabila kita akan menukarkan valuta asing yang kita miliki dengan rupiah. Atau dapat diartikan sebagai kurs yang diberlakukan bank jika melakukan pembelian mata uang valuta asing.

b.      Kurs  jual,  yaitu  kurs  yang  digunakan  apabila  bank atau  money  changer menjual  valuta  asing  atau apabila kita  akan  menukarkan  rupiah  dengan valuta asing yang kita butuhkan. Atau dapat disingkat kurs jual adalah harga jual mata uang valuta asing oleh bank atau money changer.

c.       Kurs tengah, yaitu  kurs antara kurs jual dan  kurs beli  (penjumlahan kurs beli dan kurs jual yang dibagi dua).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar